Guide tone

9 02 2009

Di tengah kesibukan, saya sengaja menyempatkan membuat tulisan ini mengingat ada request khusus dari rekan-rekan saya untuk membuat tulisan mengenai hobi saya ini. Sekedar berbagi ilmu yang tidak seberapa ini… Sekarang saya akan membagikan pengetahuan saya tentang apa yang disebut dengan “guide tone”. Buat para improviser-improviser pada umumnya mengetahui hal ini sadar ataupun tidak sadar. Ada banyak istilah lain yang digunakan namun sebenarnya merujuk pada hal yang sama. Di sini saya akan menggunakan istilah “guide tone”.

Guide tone ini jika diartikan secara harfiah adalah not/nada penuntun. Jadi dalam improvisasi, guide tone ini adalah not/nada yang dapat ditahan lama atau dengan kata lain menjadi tempat persinggahan (definisi ini merupakan definisi menurut saya, untuk definisi yang lebih tepatnya mungkin bisa ditanyakan pada master-master atau suhu-suhu dalam bidang musik). Pada umumnya, guide tone ini merupakan nada ke-3 dan juga ke-7.

Sebagai contoh, misalkan kita sedang bermain pada ‘suasana/nuansa’ chord CM7, kita memiliki kebebasan untuk melakukan improvisasi. Misalkan jari kita sudah menari-nari membunyikan nada untuk improvisasi dan sudah tampak lelah, kita bisa beristirahat sebentar di nada ke-3 dan ke-7, yaitu nada E dan juga B. Kira-kira begitulah definisi dasar dari guide tone versi saya. Saya harapkan saran dan kritik dari rekan-rekan sekalian sekiranya terdapat kesalahan dalam tulisan saya ini. Semoga bermanfaat!

salam musik😀


Aksi

Information

6 responses

10 02 2009
Erwin

thx infonya…

10 02 2009
Antoni Pasaribu

saya tertarik dengan kata “SUASANA/NUANSA”.
pernah dengar istilah MOOD CUBE??
ini biasa di pake di musik film.
jadi suasana atau mood sebuah chord ada peran masing2.

Nice info,bro.

12 02 2009
Andry Ongkinata

@Bang Toni:
Pernah denger, dulu saya pernah baca di artikel mana gitu dah lupa…😛

12 02 2009
Antoni Pasaribu

Yup…Mood Cube itu udah sangat tinggal kl mau nguasain. Aku ga brani critain cube yg ini, ntar salah:-D maklum, ilmunya msh cupu…Wkwkwk

9 02 2012
alend

hallow bos , mau tanya2 ni
sebenar nya petikan bwd lakuin arpeggio itu ada yang spesial gak

23 10 2014
Agen Bola Terpercaya, Agen Bola

Yes Thank For Sharing Guys…

Wait for next blog

Tinggalkan Balasan

