4 not, sejuta rasa…

9 02 2009

Pada tulisan ini saya akan bagikan lagi sedikit ilmu yang saya turunkan sendiri entah mungkin sudah ada di belahan bumi sebelah mana, tapi yang jelas saya memperolehnya dari pengalaman saya. Tahukan Anda bahwa dari 12 not yang ada, terdapat 4 buah not yang sangat spesial menurut saya. Siapa mereka?

Ini dia jawabannya, mereka adalah si F, si Bes/A#, si C, dan terakhir si Es/D#. Tanpa disadari mereka memiliki keistimewaan. Berikut adalah keistimewaannya, pernahkan Anda bermain musik pada nada dasar do = F, do = Bes, do = Es, do = As, do = C#? Jika diperhatikan ke empat not tadi dapat digunakan di semua nada dasar yang baru saja saya sebutkan. Hal ini sangat menolong saya, dulu saat saya berimprovisasi, saya memanfaatkan keberadaan keempat nada ini. Selain itu, keempat nada ini juga cocok untuk dibuat arpeggio atau rall. Apa itu rall? Silahkan lihat penjelasan dan videonya di sini.

Untuk latihan dan bahan pertimbangan (menggunakan piano atau alat musik yang memungkinkan untuk melakukan hal ini :P), coba Anda mainkan nada F-Bb-C-Eb(arpeggio ataupun rall) pada tangan kanan, sedangkan tangan kiri Anda bermain pada chord-chord F, Bb, Eb, A#, C# (coba dengan membunyikan bassnya saja). Akan terdengar rangkaian keempat not tadi yang indah dengan ke’khas’an bunyi tersendiri di setiap kombinasi bass dengan uraian nada yang dimainkan. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Sekali lagi, ini murni saya turunkan sendiri dari pengalaman saya malang melintang di dunia musik. Apabila ada teori yang lebih jelas yang menjelaskan mengenai ini, bisa ditambahkan sebagai masukan kepada saya. Trim’s.

salam musik,


Aksi

Information

13 responses

9 02 2009
Antoni Pasaribu

Fsus7 emang ajaib ya,pak🙂
Nice articel.
sering di lakukan, tapi jarang di sadari.

10 02 2009
sub@gyo

..oke, sebuah masukan yg amat berarti bg saya, …kalo ada trik&tip yang lain…bagi doong??!
salam musik

10 02 2009
Andry Ongkinata

@Antoni Pasaribu:
Itu dia salah satu indahnya musik yang saya sukai. Banyak misteri, banyak keajaiban.😛

@sub@gyo:
saya senang berbagi tentang apa yang saya ketahui, tapi saya juga mohon koreksinya kalau terdapat kesalahan karena apa yang saya tulis based on pengetahuan saya yang bisa saja benar dan bisa saja salah… salam musik

10 02 2009
FajarF

beuh
musikus kondang beraksi :mrgreen:

13 02 2009
Andry Ongkinata

@FajarF:
musikus kondangan kali… ckckck

12 03 2009
Ari Kuncoro

sang pianis jazz,
gitaris…🙂
cool.

12 03 2009
Renita Fransisca

hem hem…. baru baca belum nyoba… wah Dri tangan kiri main ini tangan kanan main itu, susah keknya kalo dicoba di gitar… Hahahahhaa… Apalagi di biola, apa geseknya pake kaki… wakakakakakak….

Kalo pake seruling gimana?
*kaburrrrr…..*

Tapi nanti di rumah gue coba deh pake keyboard…

16 03 2009
Hans

teori jawara… ngeri2… di coba dolo gan🙂 di rumah

20 03 2009
eNa

a…o… wew…. ena cuma tim paduan suara ikzzz…. qeqeqeqeqeqeqeqe…. gag bisa maenin alat musik, maen gitar kidal jadi gag ada yang ngajarin dah…kwkwkwkwkwwk… yang penting ena seneng dah baca blog na. buat nambahin ilmu. xixixixixixixix…

22 03 2009
Foto Hantu

Numpang lewat, ada foto penampakan baru. foto hantu, foto jin, foto2 setan diambil oleh kameramen yang gak sengaja.
klik tulisan dibawah ini.
Foto Hantu, Foto Setan, Foto Jin

17 07 2010
investasi emas

jadi untuk berapa dunk,…

24 04 2011
Blogging Competition

suka menulis? tertarik ikutan lomba blogging? total hadiah senilai jutaan rupiah dengan pendaftaran gratis. cari tahu di http://compfest2011.com/?id=b

20 04 2014
berita terkini

hmmmm perlu dicoba nieh.

Tinggalkan Balasan

