Hati-Hati Penipuan Pemasangan Saluran Telepon Rumah!

11 11 2008

Semakin lama semakin sulit mencari uang. Segala cara dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Salah satu yang marak terjadi adalah penipuan. Kali ini saya akan membatasi pada penipuan berkedok pemasangan saluran telepon rumah karena kebetulan rekan saya menjadi korban. Ketika kita melakukan permohonan pemasangan telepon, tak lama kemudian seseorang akan menghubungi kita untuk menawarkan jasa pemasangan telepon dengan dalih beliau adalah salah seorang petugas telkom. (NB: rekan saya melakukan permohonan pemasangan telepon di counter pada salah satu mall elektronik di Bandung).

Ketika telah terjadi kesepakatan, petugas gadungan tadi akan datang ke kediaman si pemohon dengan membawa formulir permohonan resmi dari TELKOM. Kemudian kita diminta mengisi formulir tersebut dilengkapi dengan fotocopy Identitas, + tanda tangan di atas materai. Kemudian petugas akan meminta bayaran biaya pemasangan disertai dengan kuitansi yang diberikan kepada pemohon. Dengan cekatan, si petugas langsung melakukan pemasangan “jalur telepon” (jalur telepon di sini, ketika saya bongkar, ternyata tidak terhubung apa2) dan langsung berkata tunggu sekitar 3 hari, maka no. akan aktif.

3 hari telah berlalu, namun telepon tidak kunjung aktif. Ketika si pemohon datang ke bagian pengaduan di Plasa Telkom (resmi), betapa terkejutnya beliau karena mengetahui dirinya telah tertipu. Di plasa telkom, si pemohon yang tertipu tadi diminta untuk meninggalkan no. contact untuk dihubungi. Tak lama kemudian ada seseorang yang mengaku dari petugas TELKOM yang bernama Pak A*** (nama disamarkan) menelpon si pemohon yang awalnya tertipu tadi dan berkata, “Klo mau masang telp, sama saya saja!”, nah lho?! Apa ada permainan di sini? Silahkan pembaca simpulkan sendiri😉

Sekedar masukan saja buat para pembaca terlebih yang ingin melakukan permohonan pemasangan saluran telp rumah agar tidak tertipu:
1. Permohonan harus ada ijin dari pemilik rumah, jika tidak diminta, maka berhati-hatilah
2. Ada form yang harus diisi (meskipun form yang diberikan sama dengan si petugas gadungan
3. Ingat! Pembayaran hanya dilakukan di kantor, bukan melalui petugas
4. Kuitansi yang diberikan harus terdapat cap/stempel dari PT.TELKOM

Semoga bermanfaat!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: