Fenomena Dunia Pendidikan

5 02 2008

Beberapa waktu yang lalu, salah seorang teman saya yang ingin menamatkan studinya dari jurusan Psikologi di salah satu Universitas swasta di Bandung menceritakan beberapa hal yang menurut saya cukup menarik untuk diperhatikan. Kebetulan tugas akhir teman saya ini menyangkut suatu fenomena di dunia pendidikan. Ternyata ada hal-hal yang cukup mengejutkan. Ada beberapa SMU yang diambil sebagai sample. Fenomena apa saja yang ditemukan?

Lagi-lagi masalah drugs, pergaulan bebas, seringnya bolos sekolah dan vandalisme yang banyak ditemukan. Pemerasan menggunakan senjata tajam juga sering terjadi. Yang mengejutkan saya, guru yang notabene bertugas mengarahkan dan membimbing murid-muridnya sebenarnya mengetahui hal tersebut namun tidak berbuat apa-apa. Parahnya lagi ketika seorang guru yang ditemui teman saya ini sempat menyatakan bahwa salah satu kegiatan murid-murid di sekolah tempatnya mengajar seperti merokok di lingkungan sekolah adalah hal yang biasa. Sempat muncul pertanyaan, bagaimanakah nasib bangsa ini dikemudian hari jika generasi penerusnya saja seperti ini? Siapa yang harus disalahkan? (pertanyaan retoris, tidak perlu dijawab😕 )


Aksi

Information

4 responses

9 02 2008
baguspewe

Hmm.. saya ada quote yang menarik yang saya dapatkan di Polres Cimahi:
“Kejahatan akan marak kalau orang baik tidak bertindak”

10 03 2008
taufik79

salam kenal aja

14 03 2008
Andry Ongkinata

@taufik79:
salam kenal jg…😀

22 05 2008
waskita

sistem pendidikan kita nampaknya memang perlu diubah. sekarang ini kan yang dikejar di sistem pendidikan bisa dibilang 99,999% materi, jarang yang mengejar akhlak, budi pekerti. Boro-boro mau ngurusin akhirat.

Tinggalkan Balasan

