Tangga Nada

17 12 2007

Menurut saya, tangga nada adalah sekumpulan nada yang diurutkan berdasarkan frekuensinya dari yang frekuensinya rendah hingga yang tinggi. Frekuensi yang paling saya ingat adalah nada A4= 440 Hz. Dengan mengingat 1 frekuensi saja, kita dapat menentukan frekuensi nada lainnya. Frekuensi nada yang lain dapat ditentukan dengan persamaan berikut:

Ket:
fn = frekuensi dgn jarak-n yang dicari
f0 = frekuensi yang kita ketahui (sebagai frekuensi dasar)
n = jumlah 1/2 nada dari frekuensi dasar / frekuensi acuan kita
a = (2)1/12 = 1.059463094359….

Bagi yang bingung dengan persamaan di atas, abaikan saja karena inti dari tulisan saya kali ini adalah mengenai tangga nada natural. Tangga nada natural adalah tangga nada dengan jarak 1-1-½-1-1-1-½.

Jarak di sini adalah rentang nada dari satu nada ke nada lainnya. Contoh tangga nada natural:

c – d – e – f – g – a – b – c’

Jarak:
c – d = 1;
d – e = 1;
e – f = ½;
f – g = 1;
g – a = 1;
a – b = 1;
b – c’ = ½;

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa di setiap nada yang berjarak 1, terdapat sebuah nada lagi (berjarak ½). Jika tangga nada tersebut diurai menjadi:

c – (c#/db) – d – (d#/eb) – e – f – (f#/gb) – g – (g#/ab) – a – (a#/bb) – b – c’

Tiap nada di atas berjarak ½ nada.

Perhatikan nada-nada yang berada dalam tanda(). Kedua nada tersebut memiliki bunyi yang sama, oleh karena itu dinamakan nada enharmonik.

Semoga bermanfaat. :mrgreen:

About these ads

Aksi

Information

15 responses

9 01 2008
si didit

sadis..
ilmiah banget.. salut gw ama lu, heheh..

25 01 2008
iiezth

boleh tau frek masing2 nada gak???
yhanks buat infonya

28 01 2008
Andry Ongkinata

Hi, salam kenal…. Hmmm…
Untuk frekuensi nada2 yang lain bisa dihitung dari persamaan yang ada di atas. Misal kita ingin mencari frekuensi nada C4, berarti:
fn = frekuensi C4
f0 = 440 Hz (karena udah kita ketahui 440 Hz adalah frekuensi A4)
n = 9 (jarak dari A4 ke C4 adalah -9(nilai negatif karena dari A4 ke C4 “turun tangga”), tiap rentang 1/2 nada dihitung 1)
maka tinggal dimasukkan ke persamaan, diperoleh:
fn = 440*((1.059463094359)^(-9))
= 261.54355772614062112156494647519 Hz.

Demikian seterusnya untuk frekuensi nada lainnya… Selamat mencoba ^^

NB: (^ menandakan operasi pemangkatan)

27 04 2008
jefri

apa fungsi frekuensi tersebut??

27 04 2008
jefri

boleh tau gak teknik improvisasi latin atau blues atau apa aja deh yg lo ketahui?? Terserah mau maen dimana aj?? kalau bisa di Bes!!!!!

29 04 2008
Andry Ongkinata

@jefri:
Dari ilmu fisika, ‘katanya’ manusia bisa mendengar frekuensi dari 20 Hz – 20.000 Hz… Nah, tiap nada yang kita dengar itu sebenarnya merupakan gelombang bunyi dengan frekuensi yang berbeda-beda.

Fungsinya… Kyanya klo untuk setem gitar jika menggunakan alat, si alat ini bekerja berdasarkan frekuensi yang dihasilkan senar dan akan merepresentasikannya ke nada-nada dengan frekuensi yang sesuai sehingga kita tinggal mengatur tingkat “stress” (kekencangan) dari senar hingga mencapai nilai yang sesuai. CMIIW.

untuk improvisasi, coming soon…

27 11 2008
Antoni Pasaribu

wah, keren pisan

saya copas boleh ga,pak?

Salam Musik
ANTONI PASARIBU
http://www.solfegio.wordpress.com

28 11 2008
Andry Ongkinata

@Antoni Pasaribu:
Wew… Solfegio studio! Copas artikel saya? Silahkan saja…

Salam Musik!

28 11 2008
Antoni Pasaribu

Terima kasih,pak. Exchange link ya? Udah saya add di blogroll saya.
Salam

28 11 2008
Andry Ongkinata

@Antoni Pasaribu:
Trim’s. Nice blog! :D

27 04 2009
Yose

Keren! ^_^
Pak, thanks bgt.. Ini takbutuhkan di TA ku.. Sekali lg thanks.. ^_^

8 03 2012
dudung

mau nanya itu tuh rumus dari mana? frekuensi tuh bukan nya 1/t ya?

22 05 2012
Yunita Anggraini

Saya pengen tau persamaan not angka dan chord,,..
Misalnya:
F not angkanya apa…
C not angkanya apa…
tapi saya pengen yang lengkap,,,..
Makasih Sebelumnya.,

17 07 2012
tasya

koq panjang banget hasilnya..

27 03 2014
Pengenalan Akord | SOLFEGIO blog

[…] di atas menunjukkan interval nada yang digunakan pada akord Mayor (silahkan lihat tulisan saya tentang Tangga […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: